Internet Radio or Local Radio in your Smartphone?





Saat ini, tak bisa dipungkiri jika hampir setiap orang menggenggam minimal satu gadget di tangan. Berbagai aplikasi diinstal di dalamnya, dari mulai yang penting-penting macam Quick office, adobe reader, hingga bermacam photo editor sampai game dan bermacam aplikasi untuk self-entertaiment. Buat saya, game bisa saja menjadi kebutuhan tersier #tsaaahhh, dan yang paling penting adalah aplikasi music. Di postingan saya sebelumnya, saya menulis tentang Deezer, yang ternyata membuat saya sedikit kecewa karena aplikasi tersebut hanya gratis beberapa waktu saja. Selanjutnya ((BAYARRR)). Jika ingin tetap mempertahankan kegratisan Deezer, mohon terima apa saja playlist yang sudah disediakan dari  pihak Deezer, tanpa kita mampu memilih album dari artis yang bisa kita ingin dengarkan. Yang cukup melegakan adalah Deezer akan mengacak playlist berdasar jenis music atau penyanyi yang pernah kita dengarkan atau yang kita sempat klik ‘favorite’. Not too bad laahh… 

Semenjak saya memegang hp versi java dulu, yaitu Sony Ericsson Elm, saya sudah mengangankan adanya aplikasi yang memungkinkan saya mendengarkan radio internet. Karena itulah, begitu era java-based cellphone tergantikan oleh android-based operating system atau Microsoft, aplikasi pertama yang saya cari  adalah fasilitas radio internet. Kenapa saya begitu sibuk mencari aplikasi radio alih-alih mendengarkan radio local yang sudah terdapat secara default di Smartphone? Hmmm.. itu karena saya jenis pembosan dengan lagu yang itu-itu saja dan sering kali terganggu dengan suara penyiarnya hahaha… Meskipun dulu saya pernah menjadi penyiar, tapi tetap saja ngga betah mendengarkan suara penyiar yang terkadang terlalu cempreng, atau mau guyon, tapi apa daya, terlalu garing joke-nya wkwkwk..

Nah, postingan ini, saya mau berbagi pengalaman saya dengan dua aplikasi radio yang ada di smartphone saya.

1.       SkyFm a.k.a RadioTune

Radio yang berbasis di US ini mengalami perubahan nama dari semula SkyFM, menjadi RadioTune. Padahal saya lebih menyukai nama SkyFM dibanding yang dipakai sekarang. Radio ini memiliki puluhan channel yang bisa kita klik sesuai dengan mood kita. Jika sedang membaca buku atau menulis, saya cenderung mendengrakan lagu-lagu dari channel New Age, Romantica (lagu2 opera dengan vocal) atau World music. New age dan world music sekilas hampir mirip satu sama lain, bedanya hanya di world music, kita bisa mendengar beberapa lagu dari India, Irlandia, dll, sebagai bagian world music. Selain itu, saya juga suka menikmati channel Love music dan Soft Rock. Karena saya besar di era 80-an dan 90-an, maka channel 80s dan 90s juga bisa menjadi pilihan. Sayangnya, pilihan lagu 90s tidak terlalu bervariasi, sebagian adalah lagu2 R&B. padahal di tahun itu, ada banyak sekali boyband yang popular, macam Backstreet Boys, Westlife, Boyzone, Take That, dsb. Belum lagi female singers, seperti Britney Spears, Janet Jackson, Paula Abdul, dll yang mempunyai lagu hits di era itu. Jazz channel juga bisa menjadi pilihan, apalagi penyuka Dave Koz, ada satu channel khusus bagi pecinta Dave Koz and friends. Classic rock sering kali menjadi pilihan saya, sekedar mengganti mood music atau Top Hits jika ingin mendengarkan lagu-lagu yang sedang hits di dunia, dengan kata lain ini adalah channel penyuka lagu-lagu Top 40 :D

Yang membuat saya cinta mati dengan RadioTune ini adalah bebasnya kita mendengar music tanpa jeda iklan atau suara penyiar yang cempreng atau nyablak.  So far, jazz channel memiliki satu penyiar yang terkadang ngomong di sela-sela lagu. But it’s OK for me. Tawaran bebas iklan dan full music ada di versi premium, dan katanya dengan kualitas suara yang sekualitas CD. Buat saya, yang gratis ini aja sudah OK. Saya jadi tahu lagu-lagu yang baru buat saya tapi sebenarnya tidak baru. Macam lagu-lagu milik Hayley Westenra, penyanyi opera belia, yang membuat saya mendonlot semua albumnya di torrent :D Di radio local, mana saya ada penyanyi bersuara khas macam Hayley? So far, penyanyi opera saya hanya mengenal Sarah Brightman, Luciano Pavarotti, Andrea Bocceli, Josh Groban, Il Divo. Tapi radio ini membuat saya melebarkan khasanah music saya… tsaaahh….

Di dua gadget saya, android dan lumia, keduanya juga memiliki aplikasi ini. Bedanya, di lumia, nama aplikasi ini masih menggunakan SkyFM plus tulisan non official. Ntah apa maksudnya. Perbedaan lainnya adalah, di android, kita bisa menge-tweet lagu apa yang sedang kita dengarkan lewat media social Twitter. Sementara Facebook, sepertinya tidak seasik twitter ketika kita ingin memberi tahu lagu apa yang sedang kita dengarkan. Di Lumia, fasilitas share hanya bisa dilakukan lewat Messaging, atau email. Huh, ngga seru sama sekali. 
 



Tampilan RadioTune di android 




Tampilan Radiotune di
Lumia

2.       TuneIn Radio
Hasil gambar untuk tunein radio


Sepertinya, banyak sekali pengguna aplikasi ini di jagad smartphone, dibandingkan RadioTune. Di aplikasi ini, kita bisa memilih channel radio-radio di dunia yang memiliki fasilitas streaming. Misal saja, saya bisa mendengarkan Brava Radio yang berbasis di Jakarta, atau Delta FM di Medan, atau radio FFH Digita 90er di Jerman. Beberapa channel radio lokal juga tersedia. Suatu kali saya bisa mendengar siaran talkshow anak-anak goodreads Jakarta yang disiarkan secara live di radio. Asik kan? Konyolnya, saya memasang aplikasi ini di dua gadget saya, Lumia dan android, tapi tetap saja saya lebih memilih channel RadioTune ketika saya sedang tune in di TuneIn Radio hahaha… susah move on dari RadioTune rupanya saya ini. 

Di aplikasi ini, tak ada fasilitas share macam di RadioTune. Ga asik. Ga bisa pamer soalnya hahaha… Yang ada hanya share lewat social networks tanpa judul dan penyanyinya. Hanya alamat web yang kita dengarkan. Nama penyanyi dan judul lagu juga tersedia di panel atas android atau lumia, jadi kita bisa mengetahui judul lagu apa yang sedang kita dengarkan, selama si radio memang memiliki fasilitas ini di streaming programnya. Ada satu radio yang tadinya saya cukup suka mendengarkan, tapi sayang, tiap kali saya kepo ingin tahu ni lagu siapa yang nyanyi dan apa judulnya, ga ada keterangan. Ketika saya tanyakan ke admin-nya di twitter, si admin malah menyarankan saya untuk menanyakan secara langsung lewat twitter. Hahaha… akhirnya saya malah bertanya pada Track ID, fasilitas andalan di Xperia, atau Sazam di Lumia. Lebih akurat dan detil malah. :D




So far, hanya dua itu saja aplikasi radio yang saya punya di gadget saya. Sebelumnya, saya sempat install aplikasi Jango di android, tapi ternyata ga asik buat saya yang pembosan ini. Beberapa aplikasi sempat keluar masuk di deretan playstore saya, tapi hanya dua ini saja yang akhirnya bertahan sampai sekarang.

0 Response to "Internet Radio or Local Radio in your Smartphone?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel