Saturday, January 31, 2015

MUSIXMATCH and Other Lyric Applications




Sebagai seseorang dengan suara ngga ngalor ngga ngidul, maka lebih suka menyanyi sendiri di kamar atau kamar mandi. Pernah beberapa kali saya ke karaoke bersama beberapa teman saya, tapi rupanya, lama-lama saya menyadari suara saya yang cenderung kurang pas, dan juga, sayang duitnya. Mending buat beli buku hihihihi… jadi yah, saya meneruskan hobi ngabab saya ini dengan cara menyanyi sendiri. Duluuuuu sih, saya punya folder khusus di laptop dengan judul ‘Lirik Lagu’. Tapi akhirnya sekian lama tak lagi tersentuh. Pernah pula, ketika jaman hp belum secanggih sekarang, sembari nyanyi, saya googling mencari liriknya, dan bernyanyi. Ketika hp mulai berkembang dengan adanya catatan dokumen (Word), saya memasukkan satu folder ‘Lirik” di dalamnya. 

Nah, semakin hari semakin pintar saja telpon saat ini, hingga beberapa diantara kita kalah pintar hehehe… nah, untuk urusan bernyanyi ini, saya masih suka melakukannya, dan sekarang bahkan ada beberapa aplikasi  hp untuk memuaskan kita para penyanyi solo alias penyanyi tidak pede :D

So far, saya menemukan banyak sekali aplikasi untuk memunculkan lirik di hp. Saya hanya bakal menulis 3 dari yang pernah saya install di hp saya.


1.       TTPod (untuk Android minimal Ginger Bread)


Aplikasi ini adalah aplikasi pertama yang saya install di hp saya. Cukup powerful untuk berkaraoke. Sayangnya, untuk beberapa lagu yang ia kurang familiar, dia kurang compatible untuk di edit. Ada sih sebenarnya fitur untuk mencocokkan penyanyi dan lagu, tapi terkadang, tetap saja tidak tersedia. Dan selama saya memakai aplikasi ini, beberapa judul lagu yang tak ada di library-nya, belum tentu di update. Ada banyak fitur yang tidak saya explore sebenarnya. Misalnya saja karaoke. Beberapa kali saya mencoba, ternyata vocal penyanyinya masih tetap muncul. Hmmm… barangkali hp saya kurang compatible dengan aplikasi ini terutama fitur ini.


2.       LyricExtension (for Sony Xperia)


Sebelumnya, saya hanya iseng saja ketika memencet fitur Option, dan muncullah beberapa pilihan, antara lain Search lyric via Google, atau search video, dan install LyricExtension. Aplikasi ini tersedia di Play Store, tapi sepertinya hanya untuk pengguna sony saja. Dan ini pun sepertinya untuk pengguna Sony Ericsson saja. Pernah saya menacri fitur ini di hp Sony teman saya yang tanpa Ericsson, ternyata fitur ini (mungkin) ada, tapi entah tersembunyi dimana.

LyricExtension ini mungkin adalah aplikasi paling sederhana dan paling tidak menarik tapi kita bebas mengedit liriknya. Bahkan ketika lirik salah, atau tidak muncul sesuai harapan, kita bisa kopas lirik di Google. Dan hp akan menyimpannya di external memory. Jadi, berkaraoke tanpa harus online, seperti TtPod. Yang asik adalah lirik lagu Korea atau Jepang yang secara otomatis muncul dengan huruf aslinya, bisa kita ganti dengan tulisan yang kita bisa baca baca :D

 Howl - OST Goong (Prince Hours 1)




3.       MusixMatch (both for Android and Windows Phone)


Mungkin adalah aplikasi lirik paling asik buat saya, tergantung dimana saya memainkannya. Di Android dan Windows Phone mempunyai cara kerja yang sama tapi tetap berbeda.

Di Android, kita tinggal load lagu apa saja yang kita ingin mainkan, hubungkan gadget dengan internet (jika gadget-nya non 3G, alias wifi only). Aplikasi ini akan otomatis mengunduh lirik, lengkap dengan sampul album, nama penulis liriknya, hingga tahun rilisnya. Semua tersimpan di memory external (?). Setiap kali kita putar lagu itu, musixmatch akan otomatis memunculkan liriknya, baik kita sedang online atau tidak. Yang sedikit menyebalkan adalah, musixmatch ini muncul tanpa diminta hahaha… Misalkan jita hanya ingin menikmati lagu tanpa bernyanyi, si lirik akan muncul dan otomatis layar ngga bakal mati. Kalo begini terus, bisa boros batere ya :D Tapi kita bisa klik bagian ujung kiri untuk menutup aplikasi ini kok. Untuk mengedit, sepertinya tidak segampang LyricExtension. Yang selama ini saya lakukan hanyalah merubah automatic scroll dengan switch to compact. Kalo saya sih lebih suka memunculkan seluruh lyric in case compact lyric kurang tepat scrolling-nya.

Sementara di Windows Phone, hmmm….sedikit berbeda dan agak menyebalkan. Kenapa? Karena musixmatch ini bisa digunakan jika kita memutar lagu dengan player yang disediakan oleh musixmatch. Jika kita memainkan lagu di default player , niscaya tak ada beda apakah tuh gadget memasang aplikasi ini atau tidak. Selain itu, pilihan fitur yang tersedia hanya terbatas pada scroll lyric, compact, feedback, dan share. Sementara di Android, kita bisa memilih synch lyric, edit lyric, feedback dan Share. Belum lagi lyric akan muncul HANYA ketika ada koneksi  internet. Lyric tidak secara otomatis tersimpan di memory manapun. Nyebelin kan ya? Well, itung-itung ngirit space memory deh. Oya, saya memakai Nokia Lumia 520 dengan update-an Os terbaru, yaitu Lumia Denim. Ternyata meski ter-update, tetap saja masih menjengkolkan dibandingkan Android. 



Ketiga itu saja yang bisa saya tulis sedikit review, dan unek2 saya selama memakai ketiga aplikasi lirik lagu ini di dua playform OS yang berbeda. Kalo ada yang mau nambahin silakannnn… :D

No comments:

Post a Comment